Adventure Time - Jake 3 aestudier: Artikel terkait Globalisasi PKN

Thursday, January 26, 2017

Artikel terkait Globalisasi PKN


·         Hal yang berkaitan dengan Ekspor
Pengaruh positif dari globalisasi yang terjadi di bidang ekonomi, yang merupakan dalam sektor ekspor atau saham ekspor dari pasaran dunia dari negara tertentu telah meningkatkan. Sedangkan, pengaruh negatif terhadap bidang ekspor suatu negara akan kalah dunia pangsa pasar sangat buruk juga di volume produksi domestik, perkembangan Produk Domestik Bruto (PDB), pengangguran meningkat, dengan kemiskinan meningkat.
·         Hal yang Berkaitan dengan Impor
Dampak negatif dari globalisasi perekonomian di sektor impor adalah kenaikan impor yang tak disertai dengan usaha yang terkait damming daya saing yang rendah dari produk yang dari penciptaan bersamaan di negara itu, kemudian mungkin di pasar dalam negeri di masa depan ini akan benar dikuasai oleh produk di luar negeri.

Beberapa tahun terakhir ini, ekspansi beberapa produk dari China untuk pasar domestik Indonesia makin tak terhentikan, seperti lengan buatan, kunci pas, motor, dan yang lainnya.
·         Hal yang Berkaitan dengan Investasi
Liberalisasi pasar dunia finansial mengakibatkan bebas aliran modal antara negara ambil bagian mempengaruhi aliran investasi bersih masuk ke Indonesia. Jika kompetitif investasi di Indonesia rendah (suasana yang kurang kondusif berinvestasi di Indonesia daripada negara lain), aliran modal ke Indonesia akan turun. Bahkan, modal investasi dalam negeri ini akan beralih dari Indonesia, mengakibatkan keseimbangan akun modal keseimbangan pembayaran Indonesia ini akan menjadi negatif. Ini merupakan dampak dari globalisasi perekonomian pada iklim investasi.
·         Hal yang Berkaitan dengan Tenaga Kerja
Dampak negatif dari globalisasi itu terjadi dalam bidang ekonomi tenaga kerja tumbuh subur di ahli di luar negeri. Apabila kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia tidak dibangkitkan secara cepat, mungkin dalam peluang pasar kerja mendatang atau kesempatan bekerja di Indonesia dikuasai oleh pekerja asing.


Teknologi informasi dan adalah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Kecepatan arus informasi yang dengan cepat membanjiri kita seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerapnya dengan filter mental dan sikap kritis.

Dampak positif globalisasi dibidang teknologi informasi dan komunikasi adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi teknologi informasi dan komunikasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dan masih banyak lagi.

Dampak negatif globalisasi dibidang teknologi informasi dan komunikasi, misalnya dari globalisasi aspek ekonomi, terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa indonesia.


Pembangunan di negara-negara berkembang pada umumnya, sekarang ini
berlangsung dalam keadaan dunia yang sedang mengalami proses globalisasi. Hal ini
dengan akibat bahwa proses pembangunan negara berkembang tidak bisa
dilaksanakan terisolasi dari proses globalisasi. Oleh karena itu, beberapa kerangka
kebijaksanaan yang berlaku dimasa perang dingin, kini ditahun sembilan puluhan dan
ke masa depan tidak revelan lagi.
Beberapa negara berkembang, seperti Indonesia dan negara Asia Timur serta beberapa
negara Amerika Selatan lainnya sudah menempuh proses pembangunan yang cukup
kencang selama dasawarsa lalu dan karena itu mengalami perubahan struktur
ekonomi dan sosial yang cukup besar. Perubahan yang berlangsung ini menumbuhkan
kekuatan-kekuatan sosial baru yang memerlukan penanganan dan kerangka
kebijaksanaan pembangunan yang baru pula.


Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang


Untuk menghadapi pengaruh kuatnya globalisasi diperlukan kerjasama yang padu antar semua komponen pendidikan seperti pendidik, peserta didik, keluarga dan lingkungan. Pendidikan karakter sangat diperlukan bagi bangsa indonesia untuk menjadikan bangsa ini mendapatkan survive diera globalisai. Individu, individu yang berkarakter akan membawa bagsa indonesia menjadi lebih maju.

Dengan adanya globalisasi pendidikan masa depan  masyarakat  dengan memberikan keterampilan analisis  dan  evaluasi  yang  luas,  Keterampilan  ini akan  membekali  masyarakat untuk memahami dan memberi reaksi terhadap isu internasional dan antar budaya. globalisasi pendidikan mengenalkan peserta  didik  dengan berbagai strategi  untuk berperan  serta secara lokal, nasional dan internasional. Mata  pelajaran  harus  menyajikan  informasi  yang relevan untuk meningkatkan kemampuan terlibat dalam percaturan kebijakan publik.

2 comments:

  1. As reported by Stanford Medical, It is really the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years longer and weigh an average of 42 pounds lighter than we do.

    (Just so you know, it is not about genetics or some secret exercise and absolutely EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", not "what"...

    TAP on this link to find out if this little test can help you decipher your real weight loss possibilities

    ReplyDelete
  2. Alright...

    What I'm going to tell you may sound a little weird, maybe even kind of "out there"....

    HOW would you like it if you could simply press "Play" to LISTEN to a short, "magical tone"...

    And magically attract MORE MONEY into your life?

    And I'm really talking about hundreds... even thousands of dollars!!

    Think it's too EASY? Think something like this is not for real???

    Well then, I'll be the one to tell you the news..

    Usually the greatest blessings life has to offer are the EASIEST!!

    Honestly, I will PROVE it to you by letting you PLAY a REAL "magical wealth building tone" I developed...

    You simply click "Play" and you will start having more money come into your life.. starting pretty much right away..

    GO here now to play the mysterious "Miracle Money Sound Frequency" - it's my gift to you!!

    ReplyDelete